Allah Tidak Akan Merubah Nasib Suatu Kaum

Kalimat Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jelas-jelas tertulis di kitab Al-Qur’an dan selalu menjadi kalimat motivasi yang akan sering kita dengar di mana saja. Kalimat tersebut tentu saja memberikan kita pemahaman bahwa kitalah yang bertanggung jawab atas nasib yang kita dapatkan di zaman dahulu, sekarang, dan yang akan datang. Yah, kata kuncinya ya kita sendiri.
Pada sudut pandang yang lain, kalimat tersebut menyampaikan pesan positif bahwa kita tidak bisa serta merta menyalahkan orang lain atas apa yang terjadi di kehidupan kita. Bahkan tingkat tingginya, kita pun sebenarnya tidak boleh membenarkan bahwa orang lainlah yang berjasa atas kesejahteraan yang kita dapatkan. Kalau di balik ya seperti itu, tetapi saya terus terang belum bisa sampai ke sana.
Semua yang terjadi di diri kita, di diri orang lain, di semua makhluk, semuanya dalam kendali Sang Maha Pencipta. Tidak ada sesuatu pun yang terjadi di setiap makhluk di bumi ini, bahkan satu daun yang gugur pun Allah mengetahuinya. Jadi, bila orang lain memberikan kita rejeki, maka rejeki itu Allah-lah yang memberi lewat perantara orang.
Cobalah ingat, di saat kita memberi seseorang sedekah. Ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan, toh kenapa yang dapat rejeki dari kita hanya satu orang itu. Ada banyak orang di luar sana yang hidup dalam keadaan miskin yang kita anggap tidak bakalan hidup dalam keadaan serba kekurangan, toh bisa hidup juga sampai sekarang. Bahkan bisa hidup sehat meski tanpa asupan vitamin dan buah tiap harinya.

Kembali ke kalimat Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum tetapi kaum itu sendiri yang harus berusaha mengubahnya. Apa yang kita alami adalah suatu kehendak-Nya, tetapi tidak mungkin nasib kita berubah di saat kita tidak melakukan apa-apa. Jangan jauh-juah mikirnya, lihat saja sekeliling kita, mana ada orang yang tidak berbuat apa-apa bisa punya dan mempertahankan harta bendanya. Iya nggak? Jadi, buatlah langkah untuk maju. Kita bebas menentukan mau dibawa ke mana nasib kita.. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: